Kapten Tsubasa Pahlawan Kita
Jadi Tsubasa Ozora (Oliver Atom in Spain) awalnya adalah seorang bocah berumur 11 tahun yang tinggal di Jepang dan punya mimpi yang sangat besar, jadi juara World Cup bersama negaranya, Jepang. Dari tahun 1981-1988 kita dibawa mengikuti cerita tsubasa bertualang di dunia sepakbola sekolahan dan bertemu rival-rival dari sekolahan tetangga di manga/komik yang dibuat oleh Yoichi Takahasi sensei ini.
What is up sneeze box? Yeah just made that up. That is totally my nickname if I live in Jersey, or somewhere  else where they give out (kinda?) cool nickname like that. Gue di diagnosa alergi dingin / sinusitis / gataupenyakitapalagi, tapi intinya gue sering banget kalo lagi kedinginan atau pas bangun pagi-pagi itu bersin-bersin dan meler-meler ga berhenti. Tapi itu totally unrelated sama yang mau gue bahas disini, kita mau bahas....... anime-captain-tsubasa-879640

CAPTAIN TSUBASA!!!

Komik itu kul. Karena komik itu bisa berpengaruh luaaaaaaaaaaaas seluas samudera. "Ah lebay lo ler, orang cuma komik. Paling dibaca pas boker doang." Mungkin seperti itulah reaksi kamu sekarang kalau kamu tidak tahu dan mengenal apa itu komik. Kenapa gue bilang ga tau? Karena tak kenal maka tak sayang.
Karena menurut gue ga ada yang ga suka komik. Mereka cuma belum kenal aja...
Balik lagi ke kapten Tsubasa dan pengaruh yang seluas samudera ya. Oke gini, sekarang siapa yang lahirnya dibawah tahun 2000 yang gatau kapten tsubasa? Mungkin yang ga tau dulu kebanyakan les kumon / abacus mental aritmatika ya, karena DEL PIERO aja tau si kapten ini lho! Kamu ga tau del piero? ah sana balik buka okezone.com aja deh. Ps. Komik itu bahasa jepangnya Manga Ps. Film kartun itu bahasa jepangnya Anime

Sejarah Captain Tsubasa

Jadi Tsubasa Ozora (Oliver Atom in Spain) awalnya adalah seorang bocah berumur 11 tahun yang tinggal di Jepang dan punya mimpi yang sangat besar, jadi juara World Cup bersama negaranya, Jepang. Dari tahun 1981-1988 kita dibawa mengikuti cerita tsubasa bertualang di dunia sepakbola sekolahan dan bertemu rival-rival dari sekolahan tetangga di manga/komik yang dibuat oleh Yoichi Takahasi sensei ini. Awalnya bermediakan komik, tapi akhirnya format anime / (for the lack of better term) film kartun lah yang menduniakan sang kapten yang kalo lagi dribble suka keinget masa lalu ini. Gue inget banget dulu waktu kecil kenal sama Kapten Tsubasa dari animenya, tapi karena kalo ga salah kepotong atau tiba-tiba gue ga punya TV, akhirnya sepak terjangnya gue ikutin lagi dari komik. Romansa bromance sangat kental di Captain Tsubasa. Awalnya musuh bebuyutan tapi akhirnya jadi teman itu plot yang sangatlah lumrah dan wajar dan pasti berlaku disini. Hehe. Sebut saja namanya Genzo Wakabayashi.
tumblr_n7y7c5p4kU1tq2uhdo1_500
Namanya Genzo tapi kok logonya N?
Digambarkan awalnya sebagai anak sd yang bongsor dan suka banget pakai topi, Wakabayashi bisa dibilang rival pertama Tsubasa, karena dia adalah kiper dan tsubasa sebagai penyerang. Jadi wajar mereka musuhan. Tapi sebagaimana tipe manga shounen (tipe manga yang biasanya ditujukan untuk audience lebih muda yang penuh dengan nilai-nilai pertemanan dan semangat dan kalo kamu mukul sambil teriak pasti lebih kenceng jadinya) akhirnya mereka berteman dan jadi kompatriot di timnas jepang. Tsubasa lalu berikutnya diceritain pergi ke brazil, sampe akhirnya jadi pemain barcelona, dan alhamdulillah Jepang menang Piala dunia (lupa ini udah apa belum di komiknya). Entah kenapa, gue inget banget gue pas nonton scene di anime Captain Tsubasa ini gue tuh merinding dan terharu sekaligus semangat gue terbakar. Scene yang  gue maksud adalah ketika Tsubasa mau nantangin Wakabayashi duel, dan cara nantangnya epic banget. Jadi Tsubasa nanya rumahnya doi dimana, trus pas udah tau dimana rumahnya, dia pergi ke bukit di kotanya, pokoknya titik paling tinggi di kota itu lah. Abis itu dia keker rumahnya si Wakabayashi dari atas. Lalu si kapten yang anak SD ini ngambil bola, trus dia nulis kaya ajakan duel pake spidol di bola itu. Terus dia tendang bola itu ke rumahnya si Wakabayashi. Terus ternyata arahnya bener, terus ternyata si wakabayashi lagi latian kiper di halaman rumahnya, terus dia ngeliat bolanya dateng, terus dia tangkep.......... Nopichoax gan? I got you covered. tumblr_n7rhxhgSHS1r0e55fo1_500 tumblr_n7rhxhgSHS1r0e55fo2_500 tumblr_n7rhxhgSHS1r0e55fo3_500 tumblr_n7rhxhgSHS1r0e55fo4_500 Best anime ever right? Kalah jauh itu frozen dengan olaf olaf apalah itu.

Pengaruh Terhadap Jepang

Selain manganya sudah terjual lebih dari 100 juta copy dan merubah hidup jutaan orang (jegitu),  komik ini merubah persepakbolaan Jepang. Dari negara yang sepak bolanya nggak dianggep, pada tahun 2002, tahun dimana para pembaca komik kapten tsubasa yang masa kecilnya tersulut apinya oleh golden combi Tsubasa-Misaki, super save Wakabayashi, Hyuga dengan tendangan harimaunya, dan aksi-aksi teman-teman Tsubasa lainnya ini berhasil menjadi Host Piala Dunia, dan berhasil melaju ke babak 16 besar setelah berhasil draw dengan Belgia, mengalahkan Rusia dan Tunisia. Walaupun kalah sama Turki di 16 besar, tapi pencapaian mereka is a FUCKING BIG DEAL dude! Jepang yang pertama kali lolos ke Piala Dunia tahun 1998 tapi kalah terus dan ga lolos ke babak berikutnya tiba-tiba bisa kaya gitu adalah hal yang luar biasa!
“I wasn’t a fan. I didn’t watch on television or have videos or anything. I don’t watch soccer now and when I retire that won’t change. I don’t really understand why people are soccer fans. I don’t like to watch any sport so I don’t understand what makes people do that.” - Hidetoshi Nakata
Quote diatas berasal dari salah seorang pesepakbola paling sukses pertama dari jepang. Doi berhasil juara Italian Championship sama AS Roma, trus dia pernah main di Bolton Wanderers di Inggris gitu deh. Lah padahal dia ngomong kaya quote diatas tapi kok bisa jadi main bola. Jawabannya menurut Shihei Uchida dari Shonen Jump (Komik mingguan tempat Tsubasa di publish) adalah karena dia baca dan nonton Tsubasa sampe dia nyoba-nyoba skill-skill agak gak masuk akal yang ada di animenye.
tumblr_n5i77r9pmd1s2p7wxo1_400
contohnya ini...
Walaupun begitu ada drawbacksnya juga. Tsubasa digambarin sebagai pemain attacking midfielder tengah ala-ala Maradona gitu deh. Oke jangan Maradona, kayak Messi deh. Naaaah akibatnya, Jepang sekarang kebanyakan pemain tengah gitu deh hahaha.(For soccer nerds: Shinji Kagawa, Keisuke Honda, Hiroshi Kiyotake, dll.) Striker sama beknya jarang banget yang jago saking inspiratif dan kecenya si kapten. Tapi yaudahlah ya, daripada nol besar kaya indonesia.

Pengaruh Terhadap Dunia

Del Piero, Fernando Torres, dan Iniesta siapa sih yang nggak tau? Pemain bola yang namanya dikenal orang sedunia dan sudah dianggap legend ini ( kecuali Torres kali ya, GGMU) ternyata suka banget sama Tsubasa dan bisa dibilang main bola gara-gara nonton animenya.
“I remember when I was a kid, we couldn’t find the signal really well on TV, but everyone in school was talking about this cartoon about football, from Japan.[…] I started playing football because of this.” - Fernando Torres When I saw Del Piero and [FC Barcelona defender] Francesco Cocco, they told me that they had read Holly e Benji [Captain Tsubasa’s Italian title] from an early age,”  - Yoichi Takahashi
Dan ini baru yang kegep aja lho, Captain Tsubasa pada masa jayanya diputar dan di translate ke banyak negara, sebut aja Captain Majed di Timur Tengah, di South America mereka nonton Supercampeones,  North America taunya mereka nonton Flashkicker, dan di Europe mereka nonton Oliver and Benji. Who knows, eh?

Closing

Tsubasa, seorang tokoh dalam komik bisa merubah hidup orang-orang yang membacanya. Bahkan nasib sebuah negara bisa berubah karena dia. Gue sangat iri ngeliat jepang yang bisa ngespark movement masyarakat atau bahkan negaranya dengan komik; nih contohnya coba cek Dragon Zakura komik tentang ujian masuk kuliah yang berhasil ngespark anak-anak sma mereka masuk kampus bagus. Sekarang author manga Dragon Zakura lagi bikin manga Investor Z, tentang anak smp yang lagi belajar main saham/investasi, bayangin kalo efeknya kaya Captain Tsubasa lagi.  Sayangnya di Indonesia ga ada sebuah produk kultural yang udah mendarah daging kaya manga/anime. Kalo pake manga/anime kan kaya softsell gitu kan, apalagi orang Indonesia dikasi komik mah seneng, daripada disuruh baca selebaran-selebaran dari pemerintah gitu. Tapi lagi-lagi balik ke topik, komik itu kul karena bisa mengubah hidup orang banyak. Ngomong punya ngomong, Dragon Ball juga berhasil ngubah hidup orang lho, liat nih my man from the hood jadi super saiya: https://www.youtube.com/watch?v=_xA0ZHEwU2Q Pelajaran yang bisa diambil mungkin ga usah jauh-jauh seperti misalnya: komik/kartun adalah alat yang bagus untuk membentuk sebuah movement dengan cara soft; tapi mungkin yang lebih sederhana seperti yang gue juga selalu inget setiap baca/nonton Kapten Tsubasa ; kalau kita punya mimpi, mungkin akan lebih gampang tercapai kalo mimpi itu bukan punya kita sendiri, seperti Tsubasa sama temen-temennya ini: Nankatsu (1) Fin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *