ROSSI MUSIK: UNDERGROUND MUSIC SCENE YANG MASIH BERTAHAN
Tahun 2017 telah berlalu dan berganti dengan tahun 2018 yang ditandai oleh: TUTUPNYA ROLLING STONE INDONESIA TANGGAL 1 JANUARI 2018. Ya, masih kurang apa lagi yang tutup di belantika musik industri Indonesia? Siapa lagi yang bangkrut abis ini?   Rossi Musik masih bertahan Dari segitu banyak yang bangkrut ada juga yang bertahan, salah satunya adalah […]
Tahun 2017 telah berlalu dan berganti dengan tahun 2018 yang ditandai oleh:

TUTUPNYA ROLLING STONE INDONESIA TANGGAL 1 JANUARI 2018.

Ya, masih kurang apa lagi yang tutup di belantika musik industri Indonesia? Siapa lagi yang bangkrut abis ini?
Plang Rossi Musik
 

Rossi Musik masih bertahan

Dari segitu banyak yang bangkrut ada juga yang bertahan, salah satunya adalah Rossi Musik. Dari dulu saya amat sangat penasaran siapakah pemilik Rossi Musik ini dan sampai sekarang pun pertanyaan itu belum terjawab juga. Rossi Musik berada di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Sempat juga muncul di Video Vice Indonesia Keliling Jakarta Selatan dengan Ahlinya: Down South.

Sebagai kilas balik, pengalaman pertama ke Rossi Musik tidak akan saya lupakan. Sebagai mantan anak band saya pernah "manggung" di beberapa tempat seperti: Warung Apresiasi Bulungan, dan Jayapub (kedua tempat ini juga nampaknya masih ada, saya belum sempat menjamah tempat tersebut lagi), Rossi Musik mempunyai cerita tersendiri.

Hal yang paling tidak terlupakan di Rossi adalah pintu masuknya. Setelah masuk maka kalian semua akan merasa berada di dunia lain atau mungkin bertanya-tanya mengapa saya harus ada disini. Pada saat itu saya berkesempatan untuk manggung di acara anak Punk. Di depan pintu masuk banyak sekali anak Punk yang membawa minuman kresekan (tak jelas apa), Anker Beer berserakan di lantai, Mansion House dan pastinya Anggur Merah Cap Orang Tua. Mereka semua berideologi YPM (Red: Yang Penting Mabuk). Kejadian itu kira-kira saya alami pada tahun 2007, jangan ditanya tentang foto-foto dokumentasi karena pada masa itu format 3gp masih merajalela.

Rossi Musik merupakan tempat yang unik karena terdapat Hall besar yang dapat menampung cukup banyak penonton. Pada era tahun 2000an Rossi dikuasai anak Punk dan Hardcore (yang lain pasti ada juga), band yang masih saya ingat yaitu Straight Answer yang memang sepertinya masih menjadikan Rossi Musik menjadi rumahnya sampai sekarang. Event-event kecil rutin diadakan di Rossi Musik. Sampai-sampai band saya yang hanya punya 1 lagu sendiri pun bisa manggung disana. Memang Rossi Musik menjadi jembatan bagi band-band baru yang ingin mencoba merasakan eksis di belantika musik Indonesia dengan caranya masing-masing. Ada yang berhasil dan ada yang tidak tentunya.  

Hal baru di Rossi Musik 

Belakangan ini, ada yang menarik di Rossi Musik, yaitu adanya cafe baru yang bernama Mondo.
Mondo tampak luar
Mondo di dalam
Tak hanya itu, nampaknya anak muda masa kini dengan aliran yang berbeda juga sudah melirik Rossi Musik, yaitu: Studiorama (https://www.instagram.com/studioramajkt/). Saya melihat Studiorama sering sekali membuat event di Rossi Musik dan membuat Rossi Musik bergeliat sehingga membuat bermuculnya wajah-wajah baru (Red: maksudnya bukan spesies anak Punk) berlalu lalang dan berkeliaran di Rossi Musik.

Timbul dan menghilang

Terkait dengan hilang dan timbulnya tempat gig, saya pernah berbincang-bincang dengan seorang yang bernama Eunice Nuh sebagai pemilik toko teh Warisan di Pasar Santa (dulu sih waktu masih rame) yang ternyata merupakan Penggagas & Pelaksana Acara di BB's Cafe. Eunice pernah menceritakan bagaimana gilanya suasana pada masa keemasan The Upstairs di BB's. Sayangnya BB's Cafe telah tutup. [aesop_image img="http://pulangkantor.com/wp-content/uploads/2018/01/732577455.jpg" credit="https://twitter.com/seringai/status/302674141021093888 " align="center" lightbox="on" caption="Dari Twitter @Seringai" captionposition="left" revealfx="off" overlay_revealfx="off"]      

Sumber gambar

Sebagai suatu kesimpulan. Jika menjadi suatu bisnis, musik mempunyai kesulitannya sendiri. Banyak korban bergelimpangan, menyisakan memori masa lalu yang membuat sendu jika diingat. Musik dan anak muda tidak akan bisa dipisahkan dan dari setiap kesulitan dan berubahnya zaman, anak muda selalu akan mencari jalan. Potensi Rossi Musik menurut saya menjadi sangat besar karena setiap band pasti butuh panggung. Walapun di era digital ini, panggung mungkin bukan suatu hal yang utama lagi karena tempat fisik hilang dan timbul, muncul dan bangkrut, tetapi kesukaan terhadap musik tetap akan ada dan akan bergeliat ke berbagai arah untuk dinikmati dan diekspoitasi. Sukses terus Rossi Musik dan siapa sih yang punya? sumpah saya penasaran. Untuk BB's Cafe:  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *