Review Film: Fight Scenes Keren
List ini dibuat berdasarkan keindahan sinematografi dan bukan semata-mata melihat dari sudut koreografi atau teknik suatu seni bela diri (ceilah). Ya intinya sih ini yang keren menurut gw aja. Kalo lagi nganggur atau membuang waktu, gw tipe orang yang suka melihat cuplikan-cuplikan film yang gw rasa keren di www.youtube.com. Youtube memang membuat kita lupa waktu karena […]
List ini dibuat berdasarkan keindahan sinematografi dan bukan semata-mata melihat dari sudut koreografi atau teknik suatu seni bela diri (ceilah). Ya intinya sih ini yang keren menurut gw aja.

Kalo lagi nganggur atau membuang waktu, gw tipe orang yang suka melihat cuplikan-cuplikan film yang gw rasa keren di www.youtube.com. Youtube memang membuat kita lupa waktu karena memang youcub youcub youcub lebih dari tivi

  Mari kita lihat keempat film di bawah ini:
[aesop_quote type="block" background="#ffffff" text="#000000" width="content" height="auto" align="center" size="3" quote="4. Seven Samurai" parallax="off" direction="left" revealfx="off"] Bukan maksud hati mau sok keren memasukkan film lama yang masih hitam putih disini. Tetapi Akira Kurosawa mempunyai teknik tersendiri untuk memperlihatkan pertikaian dengan menggunakan senjata favorit orang Jepang, yaitu: Katana. Walaupun IMO film Seven Samurai merupakan film beralur lambat, bayangin aja adegan nuangin air ke bejana aja bisa lama banget. Entah mengapa suka bikin geregetan nontonnya. Mungkin lambat karena teknik dan alat untuk editing belum semaju sekarang atau memang trennya begitu, entahlah. Ciri khas dari film Akira Kurosawa adalah pesan moral yang terlihat jelas di film. (dah cukup bacotnya). Ini isinya tentang samurai yang jago terus ditantang oleh orang gak jelas. Cara memainkan pedangnya itu terlihat otentik dan kita bisa liat kalo emang pake katana itu gak gampang. Super dramatis     [aesop_quote type="block" background="#ffffff" text="#000000" width="content" height="auto" align="center" size="3" quote="3. Ip Man" parallax="off" direction="left" revealfx="off"] Siapa sih anak jaman sekarang yang gak tau Ip Man. Efek abis nonton Ip Man adalah merasa jago silat, pengen gebuk orang dan gebuk-gebukin tembok. Menurut gw cerita yang paling keren adalah sewaktu Ip Man harus duel sama bos-bos aliran silat lainnya supaya diterima di komunitas silat.   https://www.youtube.com/watch?v=zwz950csXM0   [aesop_quote type="block" background="#ffffff" text="#000000" width="content" height="auto" align="center" size="3" quote="2. The Raid 2" parallax="off" direction="left" revealfx="off"] Menurut gw The Raid itu merupakan film yang mempengaruhi koreografi film-film action jaman sekarang. Ya gimana enggak si Gareth Evans takjub kali yah ngeliat Yayan Ruhian pertama kali membuat pengarahan koreografi dengan bilang " iya dipukul beneran aja gpp saya punya tenaga dalam." Peragaan tenaga dalam dari Yayan Ruhian. https://www.youtube.com/watch?v=Le2hyr2pziE Tapi menurut gw yang paling keren dari tiga serangkai tersebut adalah KANG CECEP ARIF RAHMAN. Sebenernya Gareth Evans udah kenal Cecep Arif Rahman waktu buat film action sama Iko Uwais yang pertama, yaitu Merantau. Tapi waktu itu Kang Cecep lebih memilih kerja jadi guru. Tetapi setelah the Raid sukses, Gareth Evans ketemu lagi dengan Cecep Arif Rahman, trus doi mau deh main film. (lihat interview Cecep Arif Rahman) Menurut gw rating untuk tiga serangkai The Raid itu gini:
  1. Cecep Arif Rahman: Teknik bela dirinya gila banget
  2. Yayan Ruhian: Brutal, eksplosif, muka serem
  3. Iko Uwais: ganteng dan bisa acting
Berikut ini adalah adegan berantem terbaik di The Raid: https://www.youtube.com/watch?v=f56aguhTm5s Coba liat cara kang Cecep deketin Iko Uwais pas awal berantem. SUPER KEREN. Terlihat seperti kedua pendekar yang saling menghormati teknik satu sama lain dan akhirnya duel. Sama coba liat tatapan mata kang Cecep waktu berantem di awal, kaya ada dialognya kan saking kerennya, super berkarakter. Mau tau kenapa gw bilang kang Cecep paling jago?? liat Video ini. https://www.youtube.com/watch?v=MCivixFfdlE   [aesop_quote type="block" background="#ffffff" text="#000000" width="content" height="auto" align="center" size="3" quote="1. Kill Bill: Volume 1" parallax="off" direction="left" revealfx="off"] Nah ini juaranya menurut gw. Quentin Tarantino!!!!! Adegan terkeren ya waktu Black Mamba duel sama O-Ren Ishii. Dari cara O-Ren Ishii buka sarung pedangnya aja udah keren banget!!!! Lalu settingnya yang bersalju membuat scene menjadi sangat menarik apa lagi ditambah dengan background music awal duelnya yang bernuansa flamenco (Santa Esmeralda - Don't Let Me Be Misunderstood / Esmeralda Suite). Coba perhatikan cara ngomong O-Ren Ishii yang keren banget, misterius, elegan dan feminin padahal lagi bawa katana. Lucy Liu disini cantik banget. Kalo berantemnya pake pistol kurang seru kan? Palingan isinya adu tembak-tembakan yang berujung pemeran utama (a.k.a jagoan di film) di todong sama penjahat pake pistol di kepala tapi gak langsung ditembak, penjahatnya malah bacot-bacot gak jelas terus ketawa-ketawa juga biasanya dan akhirnya tiba-tiba penjahat kena tembak entah dari mana asalnya karena yang penting sok buat plot twist dan film pun selesai (kesel).   Sekian tulisan saya yang saya buat karena gak bisa tidur.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *